Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

MAHASISWA, SUKSES PRESTASI DAN ORGANISASI

Kunci Sukses Manejemen Diri (Ibda’ Bi Nafsik)
Oleh : M. Jauharuddin, S.Sos.I.

Mahasiswa adalah agen perubahan masyarakat (agent social of change), hal ini mempunyai makna bahwa seorang mahasiswa menyandang sebuah mandat yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebuah mandat sosial yang mulia dimana output dari sebuah proses pembelajarannya menjadi sangat diharapkan dalam membangun masyarakat dan dirinya sendiri. Dengan demikian, sebagai mahasiswa tidak bisa lepas dari tanggungjawab yang dipikulnya, dan sebagai konsekwensi logis dari hal tersebut, maka penguasaan dari disiplin ilmu (knowledge) yang dipelajari menjadi sebuah keniscayaan untuk selanjutnya dapat diaplikasikan (skill) dengan baik diiringi sebuah sikap dan etika (attitude) yang santun.
Namun, realita yang terjadi masih banyak kita melihat banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya memahami tanggungjawab serta kompetensi yang seharusnya dimiliki, sehingga berdampak pada lulusan yang tidak siap bermasyarakat dan siap pakai. Perlu pemahaman dan proses yang tidak mudah untuk mencapainya. Selain keaktifan didalam kelas, mahasiswa harus gemar berdiskusi, melakukan riset, dan selalu peka terhadap isu-isu baik dalam kampus, pemerintahan dan isu social, baik local maupun internasional. Mahasiswa yang kritis, responsive serta inovatif menjadi syarat untuk menuju output yang lebih baik.
Dua hal yang tidak dapat disepelekan satu sama lain, namun disini yang menjadi permasalahan bahwa tidak mudah untuk mendapakan keduanya. Diperlukan keuletan, kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Seorang aktifis akan menjumpai sebuah dilema dimana harus memilih salah satu diantara dua hal, sebagai contoh saja, ketika saatnya ujian maka wajib untuk diikuti sebagai syarat mendapat nilai, disatu sisi organisasi sangat membutuhkan kehadiran atau perhatian, yang tentunya juga akan meminta pengorbanan waktu. Disinilah seorang mahasiswa akan diuji seberapa jauh kecakapannya dalam menyelesaikan problem. Nah, dalam hal ini berlaku apa yang disebut skala prioritas. Mana yang lebih urgen (penting) itu yang didahulukan, dengan berbagai pensiasatan agar keduanya dapat diselamatkan. Ketika nilai masih dapat dikejar, maka organisasi menjadi penting. Namun ketika organisasi dalam keadaan aman maka kuliah adalah prioritas.
Tidak hanya dilema yang akan menimpa seorang mahasiswa aktifis, tetapi juga masalah-masalah lain yang tentunya akan membutuhkan penyelesaian. Mobilitas yang tinggi akan menjadi tuntutan sebagai bentuk keseriusan dalam mengekspresikan diri. Dalam mengemban mandat sosial. Sebagai konsekwensi disini banyak finansial yang harus disediakan dan juga pengorbanan waktu yang tidak hanya sedikit. Keadaan seperti ini sangat menyulitkan, disisi lain mahasiswa harus berinteraksi dengan kelompok masyarakat yang lain, memenuhi kebutuhan hidup, menyalurkan hobi dan pekerjaan-pekerjaan lain yang juga menuntut disisihkannya waktu. Dalam proses seperti ini tentunya tidak dapat berjalan gratis. Dana yang akan dikeluarkan juga tidak sedikit, apalagi ditambah latar belakang keluarga yang tidak mampu, maka beban hidup dengan mobilitas tinggi dan beban kuliah akan menjadi tanggungan yang cukup berat.
Untuk mencapai kesuksesan, tidak mengenal keputus asaan. Dan sebagai tindak nyata, maka seorang mahasiswa aktifis harus mampu memanajemen diri sendiri, menghindari dari kooptasi hal-hal yang dapat merugikan diri, mampu memilih prioritas dan yang penting adalah manajemen waktu, kapan kita harus dirumah, kapan kita membaca buku, membaca al Qur’an, kapan memenuhi hajat hidup serta kebutuhan biologis dan lain-lain. Nah, disini kepemimipinan akan nampak pada seseorang bagaimana dirinya mampu mengatasi dirinya sendiri. Dan sebagai kata kunci disini adalah mulailah dari diri sendiri “ Ibda’ bi Nafsika ” untuk memperoleh kata “ sukses berorganisasi dan prestasi ”.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel dengan judul MAHASISWA, SUKSES PRESTASI DAN ORGANISASI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/02/mahasiswa-sukses-prestasi-dan.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.