Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk

Anda tentu pernah merasakan rasa kantuk yang tak tertahankan.rasa kantuk biasanya terjadi karena capek setelah seharian beraktifitas. Selain itu makanan yang kita konsumsi memberikan konstribusi kepada rasa kantuk. Meskipun tidak sangat kenyang, tetep saja kita memerintahkan lambung untuk kita berkerja, apalagi jika kekenyangan. Dan yang tidak eksak adalah godaan syetan lebih susah dideteksi, tetapi biasanya akan menanamkan rasa malas. Dan rasa malas akan membawa kita pada suasana ngantuk.

Jika kita cermati, ternyata kantuk mempunyai sebuah pola. Pertama, jika mengantuk dan kita menyerah, maka kita akan cepat tertidur. Kedua, rasa mengantuk itu seperti parabola terbalik, jika kita sanggup bertahan sampai pada titik puncakya, maka rasa mengantuk itu akan semakin hilang. Ketiga, rasa mengantuk itu bisa terputus jika ada sesuatu yang membuat seseorang surprise, sangat senang, marah, mendengar sesuatu yang membuat kita tertawa terbahak-bahak dan terkejut. Beberapa perlakuan fisik juga bisa memutus rasa kantuk.

Untuk menghilangkan rasa kantuk yang akan menganggu aktifitas kita, ada beberapa tips berikut :

Memberikan perlakuan fisik kepada tubuh. Cara cukup aman bagi kesehatan, dan tidak mengandung efek samping. Misalnya dengan menggerak-gerakkan kepala, tangan, tubuh, atau memijat-mijat leher, telapak kaki dan telapak tangan. Dengan melakukam cara ini diharapkan akan memperlancar peredaran darah, sehingga mengurangi rasa kantuk. Lakukan cara ini dengan berulang-ulang sanpai rasa kantuk itu hilang.

Membasuh muka dan tengkuk dengan disertai menekan-nekan wajah. Cara ini akan menimbulkan rasa segar pada tubuh, sehingga menghilangkan rasa kantuk. Air yang membasuh muka akan sangat terasa segar, dan membuat tubuh kita fresh kembali. Dalam agama kita pun dianjurkan agar berwudlu jika sedang mengantuk. Bahkan merupakan jurus ulama’ untuk menyiapkan air jika sedag belajar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nikotin atau kafein (doping). Disini kami tidak begitu menyarankannya, terutama menghilangkan kantuk dengan merokok (nikotin). Memang cara ini banyak dilakukan oleh para sopir agar tidak mengantuk. Dan kalau anda cermati, orang-orang yang senang begadang rata-rata adalah perokok. Tetapi menurut peringatan pemerintah, merokok dapat mengaggu kesehatan, jantung, kehamilan, dan janin. Juga dalam agama, merokok sangat tidak dianjurkan. Sebagian menyatakan makruh, dan sebagian lainnya menyatakan haram. Jika memang anda harus lembur, maka gunakan saja kopi. Tapi saran saya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, karena kafein yang terkandung di dalam kopi kurang baik bagi tubuh. Coba anda minum kopi campuran (kopi, gula, susu, mocca, misalnya), karena kafein yang terkandung di dalamya lebih sedikit dibandingkan kopi murni.

Pada dasarnya cara menghilangkan kantuk dangan doping tidaklah bagus, karena pada dasarnya tubuh dipaksa untuk terus bekerja meskipun sudah lelah. Dan efeknya besoknya badan kita akan lebih capek.

Dan juga selalu usahakan agar perut tidak terlalu kenyang dan juga tidak terlalu lapar. Sebaiknya kondisi ruang perut disisakan sepertiga untuk udara.

Begitulah beberapa cara mengatasi kantuk yang kami ketahui, Semoga tips yang kami berikan bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dengan judul Tips Menghilangkan Rasa Kantuk. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/02/tips-menghilangkan-rasa-kantuk.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.