Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Enam Cara Berfikir Kreatif

Kreatif hanyalah sebuah kata pendek dan sederhana. Namun, berfikir kreatif merupakan kunci keberhasilan. Apalagi kita sebagai mahasiswa dituntut sekreatif mungkin. Lalu bagaimana cara untuk bisa berfikir kreatif ?

1. Berfikir semua bisa dilakukan

Yakinlah sesuatu hal yang akan kita kerjakan, mampu kita selesaikan. Kita harus optimis karena pernyataan optimis melatih kita berani masuk kepersoalan. Pola pikirpun berkembang, karena ada tekad dan kepercayaan bahwa semua itu bisa. “Yakinlah sesuatu yang tidak mungkin tapi itu bisa dilakukan”.

2. Hilangkan cara berfikir konservatif.

Pola berfikir konservatif ditandai dengan kekhawatiran untuk menerima perubahan, meski perubahan itu bermanfaat bagi kita. Ada tiga cara untuk mengurangi atau menghilangkannya : Terbuka atau mau menerima kritik yang membangun. Jadi jangan takut dengan ide, usulan dan kritikan karena semuanya merangsang kita berfikir kreatif dan lebih maju. Mencoba pekerjaan atau hal diluar bidang kita untuk memperkaya kreatifitas diri.

3. Harus Pro-aktif

Buatlah diri menjadi bebas memilih tindakan, tentu berdasarkan peraturan dan tidak melenceng dari peraturan hidup.Tingkatkan kuantitas dan kualitas pekerjaan

Jangan cepat puas dengan hasil yang kita peroleh. Perbaiki kualitas hasil kerja kita. Itu berarti apapun pekerjaan kita, tidak boleh disepelekan kualitasnya.

4. Perbanyak kebiasaan bertanya

Bertanya merupakan sarana melatih pengembangan daya kreatifitas. Dengan bertanya, pemikiran kita bertemu dengan pemikiran orang lain yang mengandung hal-hal baru sehingga cakrawala berfikir kita semakin luas.

5. Jadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik berarti sanggup mendengarkan setiap informasi dari luar.

6. Perluas cakrawala pengetahuan.

Dengan mengetahui wacana-wacana sekitar akan merangsang kita untuk berfikir kreatif. Bisa dengan membaca buku, majalah, surat kabar ataupun loading internet.

Demikian tips cara berfikir kreatif. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dengan judul Enam Cara Berfikir Kreatif. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/03/enam-cara-berfikir-kreatif.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.