Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Pengertian Punk

Punk ini dapat diartikan melalui beberapa sudut pandang yang masing-masing memiliki makna yang berbeda. Pengertian punk yang dituliskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah (kelompok) pemuda yang tidak berpengalaman (biasanya dijadikan pasangan kaum homoseks). Pengertian tersebut menggambarkan punk sebagai pemuda yang masih “hijau”, tidak berpengalaman, atau tidak berarti. Bahkan dapat diartikan juga sebagai orang yang ceroboh, sembrono, dan ugal-ugalan. Pengertian tersebut sebenarnya kurang menggambarkan makna punk secara keseluruhan. Pengertian punk saat ini dapat dikaji dari berbagai sudut pandang, antara lain punk sebagai sebuah subculture bagi kaum muda, punk sebagai counter culture bagi budaya mainstream, dan punk sebagai life style.

a.    Punk sebagai Subkultur (Subculture)
    Kata ‘kultur’ dalam subkultur menunjuk pada keseluruhan cara hidup yang bisa dimengerti oleh para anggotanya. Kata ‘sub’ mempunyai arti konotasi yang khusus dan perbedaan dari kebudayaan dominan atau mainstream. Subkultur bisa juga diartikan sebagai kebudayaan yang menyimpang dari nilai-nilai kebudayaan dominan. Kajian mengenai subkultur telah dipelopori oleh Centre for Contemporary Cultural Studies (CCCG) di Universitas Birmingham pada tahun 1970-an, yang memandang subkultur sebagai budaya perlawanan yang harus diberi tempat. Menurut Fitrah Hamdani dalam Zaelani Tammaka (2007:164) “Subkultur adalah gejala budaya dalam masyarakat industri maju yang umumnya terbentuk berdasarkan usia dan kelas. Secara simbolis diekspresikan dalam bentuk penciptaan gaya (style) dan bukan hanya merupakan penentangan terhadap hegemoni atau jalan keluar dari suatu ketegangan sosial”. Subkultur lebih jauh menjadi bagian dari ruang bagi penganutnya untuk membentuk identitas yang memberikan otonomi dalam suatu tatanan sosial masyarakat industri yang semakin kaku dan kabur.

Dick Hebdige, dari Birmingham School British Cultural dalam bukunya Asal Usul dan Ideologi Subkultur Punk menggambarkan punk merupakan subkultur pemuda yang berasal dari kalangan kelas pekerja sebagai tanggapan atas kehadiran komunitas kulit hitam yang cukup besar di Inggris. Hal ini tidak terlepas dari sejarah hidup sosial ekonomi Inggris, identitas rasial di Inggris, politik dan budaya di Inggris. Sebagai subkultur, Dick Hebdige (1999:192) memandang punk masa kini tengah menghadapi dua bentuk perubahan yaitu:
1)    Bentuk  komoditas
Dalam segi ini, atribut dan seluruh aksesoris yang dipakai oleh subkultur punk telah dimanfaatkan oleh industri sebagai barang dagangan yang didistribusikan kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Atribut dan aksesoris punk yang dulu hanya dipakai oleh anak punk sebagai simbol identitas, kini dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko jalanan yang menjual aksesoris punk dan dikonsumsi oleh umum. Seperti yang diungkapkan oleh Fox-Genovese dalam Malcolm Barnard (1996:187) “Adopsi gaya punk oleh toko-toko fashion High Street adalah ironi yang menyakitkan”. Barang yang awalnya berfungsi sebagai identitas bagi anak punk, kini telah berubah menjadi barang komoditas yang dimanfaatkan oleh pasar untuk mencari keuntungan.
2)    Bentuk ideologis
Dari segi ideologis punk merupakan ideologi yang mencakup aspek sosial dan politik. Ideologi mereka dahulu sering dikaitkan dengan perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak punk. Berbagai perilaku punk yang dianggap menyimpang, telah didokumentasikan dalam media massa sehingga membuat identitas punk dibalik aksesoris yang melekat di tubuhnya dipandang sebagai seorang yang berbahaya dan berandalan.

Punk sebagai subkultur telah membentuk bangunan budaya baru yang berbeda dengan budaya mainstream yang dianut oleh kaum muda sejak awal kemunculan di Inggris hingga perkembangannya sampai sekarang. Nilai-nilai yang menjadi substansi punk sebagai subkultur tetap diyakini oleh anggotanya. Walaupun punk telah berganti generasi, tetapi sebagai sebuah subkultur nilai-nilai dan eksistensi punk masih dipertahankan hingga sekarang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gaya Hidup dengan judul Pengertian Punk. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/05/pengertian-punk.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.