Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Pentingnya Komunikasi Bagi Kehidupan

Pentingnya komunikas bagi kehidupan sosial, budaya, pendidikan, dan politik sudah disari oleh para cendikianwan sejak Aristoteles . akan tetapi Aristoteles hanya berkisar pada retorika dalam lingkungan  kecil. Baru pada pertengahan abad ke-20 ketika dunia dirasakan semakin kecil akibat revolusi industri dan revolusi tegnolog elektronik,setelah ditemukan kapal api, pesawat terbang, listrik,telepon, surat kabar, film, radio, televisi, dan sebagainya, maka paracendikiawan pada abad sekarang menyadari pentingnya komunikasi ditingkatkan dari   pengetahuan knowledge menjadi ilmu science.

Menurut Carl I. hovland, ilmu komunikasi dalah : upaya yang sestemaits untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan  sikap.

Untuk memahami pengertian sehingga dapat dilancar kan secara efektif, para peminat komuikasi sering mengutip paradigma yang dikemukakan Harold Laswell. Lasswell mengatakan bahwa komunikasi meliputi lima unsur yakni:

- Komunikator

- Pesan

- Media

- Komunikan

- Efek

Jadi, berdasarkan paradigma lasswell tersebut, komunikasi adalah proses penyapaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertetu.

Seperti ilmu-ilmu yang lain, ilmu komunikasi pun menyelidiki gejala-gejala komunikasi. Tidak hanya dengan pendekatan secara antologis (apa itu komunasi) tetapi juga secara aksilogis (bagaimana berlangsungnya komunikasi yang efektif) dan secara epistemologis (untuk apa komunikasi itu dilaksanaka).
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komunikasi dengan judul Pentingnya Komunikasi Bagi Kehidupan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/06/pentingnya-komunikasi-bagi-kehidupan.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.