Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Perkembangan Komunikasi

Pada akhir-akhir ini di Indonesia komunikasi semakin penting dan diperhatikan orang, hal ini karena komunikasi merupakan alat pembangunan, alat intergrasi, alat kekuasaan, dan untuk itu komunikasi penting untuk diketahui, dihayati, dan dipahami oleh semua orang. Khususnya untuk penyelenggara pembangunan, sebab mereka lebih banyak berhadapan dan berhubungan dengan pelaksana pembangunan dan masyarakat luas.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka dunia pun semakin mendapat tantangan dan ujian atas kemajuan tersebut, termasuk kemajuan di bidang komunikasi. Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modemisasi maka akan terjadi ledakan yang amat dahsyat yaitu ledakan informasi. Hal ini terjadi karenaselain bertambahnya penemuan-penemuan baru di bidang ilmu, juga disebabkan timbulnya kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan baru dan rangsangan-rangsangan baru dalam masyarakat.  Revolusi informasi disebabkan pesatnya kemajuan bidang iptek. Hal ini jelas akan membawa pengaruh besar dalam hidup dan kehidupan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsug. Di Indonesia berkat getaran gelombang informasi edan penerangan yang menjangkau daerah-daerah pedesaan, rakyat dewasa ini telah mulai kritis dan tidak mudah diperbodoh. Ini akan menambah dampak yang positif dan penting dalam melaksanakan pembangunan nasional yang dikaitkan dengan perkembangan dan kemajuan komunikasi.

Produk Teknologi
Berbagai teknologi baru telah diterapkan dalam masyarakat terutama di kota-kota besar dalam berbagai dimensi kehidupan komunikasi sehari-hari, baik dari segi komunikasi interpersonal, komunikasi massa, ataupun yang lainnya.

Dari sudut fungsinya, klasifikasi berbagai teknologi & media berdasarkan yang memakainya sebagai berikut :

a.    Komunikasi Massa
Terlihat kemajuan pesat penerapan teknologi radio dan audiovisual. Perkembangan, terutama berkat teknologi radio transistor dan minaturasi pesawat. Kemajuan teknologi di bidang televisi hitam putih menjadi televisi berwarna. Sebagaimana radio, kemudian televisi ini tidak dianggap barang mewah lagi. Perkembangan lebih lanjut adalah keantena parabola, walaupun sebenarnya tidak efisien, dan umumnya tidak dapat menangkap satelit kecuali palapa. (Mengenai palapa ini uruiannya dapat dibaca dalam Domestik. “Widjaja. Hlm. 107-110). Media cetak juga mengalami kemajuan dengan teknologi yang lebih baik dan telekomunikasi yang lebih lancer. Berita menjadi lebih cepat, foto yang dimuat ialah yang paling akhir, cetakan tajam, dan berbagai muatan khusus mulai mendapat perhatian. Kemajuan media cetak ini tidak secapat kemajuan teknologi radio dan audiovisual.

b.    Media Pribadi
Pada media pribadi, teknologi kaset paling menonjol. Kemunculan kaset melalui media massa terutama dapat dipakai untuk hiburan, bukan informasi. Keistimewaan kaset adalah pada sifatnya yang lebih akrab, begitu pula dengan adanya video kaset. Kedua alat ini, baik kaset maupun video kaset mempunyai pengaruh dan jangkauan luas di dalam masyarakat. Video berpengaruh kepada keberadaan media lain seperti film (bioskop).

c.    Media Interpersonal

Teknologi komunikasi berperantara (mediated communication) makin banyak dipergunakan dalam perilaku komunikasi interpersonal. Telepon yang ditunjang oleh alat penunjang yang semakin canggih, di antaranya dilengkapi alat perekam atau ditunjang/digantikan oleh alat komunikasi yang lain misalnya melalui teleks.

d.    Komunikasi Sosial Anonim
Di bidang komunikasi social kita mengenal radio antar penduduk (CB). CB selain alat untuk komunikasi antara personal berperantara, dapat juga dipakai sebagai alat komunikasi social. Komunikasi ini (anonim) ada pamrih kecuali untuk mengisi waktu.

e.    Media Pengumuman
Teknologi sistem komunikasi umum (public address system) mempunyai fungsi dan peranan baru. Pada tempat-tempat ibadah mempergunakan berbagai pengumuman dan penyebaran informasi kepada jamaahnya dan masyarakat, dan suaranya dapat mendominasi lingkungan. Namun hal ini dapat memberikan dampak social berupa ketegangan dalam masyarakat, terutama dalam masyarakat yang heterogen.

Dewasa ini, pada rumah keluarga dan kantor-kantor ada yang telah mempergunakan alat seperti aiphone untuk komunikasi anatar petugas dan anggota keluarga. Teknologi seperti itu tentu akan menguragi komunikasi langsung dan kedekatan hubungan, apalagi kalau alatnya bersifat satu arah.

Dari uraian-uraian tersebut maka dapat kita lihat beberapa hal dalam teknologi komunikasi ini,  antara lain :

1.    Bebagai jalan alternatif tersedia untuk berkomunikasi, sehingga makin banyak pilihan untuk kesempatan berkomunikasi.
2.    Teknologi komunikasi memungkinkan keanekaragaman informasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kesemua itu tentu mempunyai dampak baik positif maupun negative, namun pada akhirnya dikembalikan kepada manusia sendiri sebagai pengelolanya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komunikasi dengan judul Perkembangan Komunikasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2010/06/perkembangan-komunikasi.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.