Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Makalah - PENILAIAN BERBASIS KELAS PORTOFOLIO

PENILAIAN INTERNAL DAN EKSTERNAL
PENILAIAN, berfungsi untuk grading, seleksi, mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, bimbingan, diagnosis, dan prediksi.
PENILAIAN KELAS, proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk pemberian nilai terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajar, sehingga didapatkan potret kemampuan siswa sesuai dengan standar kompetensi yang direncanakan.

Penilaian kelas merupakan suatu proses yang dilakukan melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa.

Bentuk-Bentuk Penilaian Kelas
a. Tes Tertulis (Paper Test)
b. Portofolio, penilaian atas sejumlah karya tertulis siswa
c. Penilaian Produk Tiga Dimensi
d. Student Performance

PORTOFOLIO
suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dan dokumentasi pengalaman belajarnya. Dengan kata lain, portofolio adalah kumpulan hasil kerja yang disusun berdasarkan urutan waktu.

Portofolio Kerja Digunakan untuk memantau kemajuan dan menilai siswa dalam mengelola kegiatan belajar mereka sendiri. Siswa mengumpulkan semua hasil kerja termasuk coret-coretan (sketsa), buram, catatan, kumpulan untuk rangsangan, buram setengah jadi, dan pekerjaan yang sudah selesai.

Manfaat
Memberikan informasi bagaimana siswa:
1) Mengorganisasikan dan mengelola kerja
2) Merefleksi dari pencapaiannya
3) Menetapkan tujuan dan arahan
c. Portofolio dokumen

Menyediakan informasi, baik proses dan produk yang dihasilkan siswa. Jenis portofolio ini bermanfaat bagi siswa dan orang tua untuk mengetahui kemajuan hasil belajar, kelebihan dan kekurangan dalam belajar secara individual. Hal ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa siswa telah mengikuti proses tertentu untuk menghasilkan kerja dan telah mencapai standar tertentu pada hasil kerja akhir.

Portofolio Penampilan
Adalah seleksi bermanfaat dari sejumlah hasil kerja anak yang terbaik. Portofolio penampilan biasanya digunakan untuk tujuan pertanggung jawaban. Teknik ini harus mempunyai cukup informasi tentang indikasi keandalan (reliabilitas) dari pencapaian siswa.
e. Tugas terstruktur
1) Tes Formatif Dan Sumatif
2) Tugas-Tugas Terstruktur
3) Catatan Perilaku Harian
4) Tugas-Tugas Terstruktur

Adalah tugas yang harus dikerjakan para siswa untuk mendalami atau memperluas penguasaan materi pelajaran. Bentuknya dapat berupa menyusun makalah atau hasil karya siswa antara lain karya tulis dalam jurnal, penyelesaian soal terbuka (open-ended question), demonstrasi pemograman komputer, melakukan pengamatan lapangan, tugas wawancara, dan sejenisnya. Tugas terstruktur sering disebut dengan pekerjaan rumah, karena penyelesaian tugasnya tidak dapat sekaligus jadi pada saat pembelajaran. Cara mengerjakan tugas terstruktur dapat dilakukan secara individual maupun kelompok.
Untuk keperluan penilaian berbasis portofolio, tugas-tugas tersebut setelah diperiksa oleh guru, nilainya dicatat dan berkas-berkas tugas tersebut dilampirkan pada portofolio siswa masing-masing.

Catatan Perilaku Harian
Adalah perilaku positif maupun negatif yang pada saat tertentu muncul.
Tujuan dicatatnya perilaku tersebut antara lain untuk memperoleh bukti secara tertulis, yang pada suatu ketika dapat dipergunakan untuk melakukan refleksi dari kejadian yang lewat.

Kegiatan refleksi ini dapat dipergunakan sebagai cara belajar untuk menghindari kesalahan di masa depan dan untuk meningkatkan kinerja.
Catatan perilaku harian ini pertama-tama dibuat oleh guru pada buku catatan anekdot. Dalam catatan tersebut hendaknya tertulis dengan jelas nama siswa, perilaku yang muncul (positif atau negatif), dan keterangan mengenai tempat kejadian dan waktunya (hari, tanggal, jam).

Penilaian Eksternal
Penilaian eksternal dilakukan oleh sekolah untuk memperoleh pengakuan tentang kualitas dari sekolah tersebut untuk disetarakan dengan tingkatan lembaga penilaian yang memberikan.

Tahapan Penilaian Eksternal:
a) Penilaian Internasional
b) Penilaian Nasional
c) Penilaian Propinsional (Lokal)
D. Kisi Kisi

Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Dalam lain pengertian kisi-kisi soal tes hasil belajar adalah peta distribusi soal berdasarkan tujuan dan materi pembelajaran, waktu penyajian, taxonomi, tingkat kesulitan, bentuk soal, serta nomor soal.
Fungsi. Kisi-kisi tes hasil belajar berfungsi sebagai pedoman dalam penyusunan item tes atau soal tes.

Adapun kegunaan kisi-kisi tes hasil belajar adalah mengarahkan dan memudahkan penulisan item tes agar sesuai dengan aspek-aspek yang harus dipertimbangkan sesuai dengan tujuan, isi dan implementasi kurikulum serta kriteria evaluasi yang baik.
1) Analisis soal
2) Validitas
3) Reliabilitas
4) Tingkat Kesukaran
5) Daya Pembeda
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah dengan judul Makalah - PENILAIAN BERBASIS KELAS PORTOFOLIO. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2011/07/makalah-penilaian-berbasis-kelas.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.