Blog Tentang Artikel, Makalah, Tips, dll

Latar Belakang Makalah - Musik/Lagu Dalam Dakwah Islam

Latar Belakang Makalah - Musik/Lagu Dalam Dakwah Islam merupakan sebuah makalah yang saya susun dan akan saya post secara terpisah antara latar belakang, bab 1, 2 dan penutup.

Kebutuhan akan ilmu pengetahuan semakin pesat dalam menjalani berbagai aspek aktivitas manusia sesuai dengan spesifikasi yang dijalankan. Semakin derasnya arus perubahan zaman, menuntut disiplin ilmu pengetahuan untuk berkembang sesuai dengan yang dibutuhkan zaman tersebut. Hal ini berarti terjadi korelasi antara satu aspek disiplin ilmu dengan ilmu lainnya. sebuah kenyataan ketika sebuah ilmu pengetahuan berkembang pasti ada ilmu lain yang membantunya dalam perkembangan tersebut.

Berdakwah merupakan salah satu perintah Allah SWT, dalam menyampaikan kebenaran dan mengajarkan Izzah Allah SWT di muka bumi. Diiringi dengan azan yang bersih dan ikhlas. Hal ini merupakan tantangan ummat manusia sebagai hamba Allah SWT.

Di zaman globalisasi, sekarang berdakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara di banyak sector, salah satunya dengan media seni suara atau yang lebih dikenal dengan lagu.
Lirik lagu merupakan sebuah media komunikasi verbal yang memiliki makna pesan di dalamnya, sebuah lirik lagu bila tepat memilihnya biasa memiliki nilai yang sama dengan ribuan kata atau peristiwa, juga secara invividu mampu untuk memikat perhatian.

Salah satu hal yang terpenting dalam sebuah musik adalah keberadaan lirik lagunya, karena melalui lirik lagu pencipta atau biasa disebut dengan musisi ingin menyampaikan pesan yang merupakan ekspresi terhadap apapun yang ia rasakan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, dimana ia ikut berinteraksi di dalamnya. Jadi sebuah lirik lagu bukanlah rangkaian kata-kata indah semata, tetapi lebih dari itu lirik lagu merupakan representasi dari realitas yang dilihat atau dirasakan oleh si pencipta. Realitas inilah yang mengilhami seorang pencipta dalam membuat lirik lagu. Salah satu realitas yang ada di masyarakat kita saat ini dan yang menarik perhatian penulis adalah fenomena religius.
Pasalnya, penyampaian dakwah tidak akan sampai kepada sasarannya apabila tidak membaur dan mengakomodasi dengan perilaku, kebudayaan, dan keadaan masyarakat. Singkatnya, apa yang selalu mereka kerjakan dan mereka sukai, di sanalah kita bisa menjadikannya media untuk berdakwah. Hal semacam ini bisa dilakukan di antaranya melalui pop religi dan nasyid. Keuntungannya, pesan-pesan Islam akan sampai kepada mereka, tanpa mengganggu kegemaran mereka sekaligus mengalihkan dari hal-hal buruk ke hal yang positif, yakni dari lagu-lagu yang berbau kekerasan, fantasi, dan bahkan seksualitas teralihkan ke lagu-lagu yang bernuansa religi.

Semoga Latar Belakang Makalah - Musik/Lagu Dalam Dakwah Islam ini bisa bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah dengan judul Latar Belakang Makalah - Musik/Lagu Dalam Dakwah Islam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisendw.blogspot.com/2012/01/latar-belakang-makalah-musiklagu-dalam.html. Terima kasih!
.::Artikel Menarik Lainnya::.